cara mengatasi varises

Faktor-faktor Risiko yang Menjadi Penyebab Varises

Biasanya varises sering terjadi pada wanita hamil, orang lanjut usia, orang yang kelebihan berat badan atau orang yang terbiasa harus berdiri dalam waktu yang lama lebih beresiko tinggi. Namun, beberapa faktor penyebab varises yang muncul juga dapat membuat Anda yang dalam kategori tersebut berkemungkinan terkena varises.

Varises juga termasuk ke dalam penyakit umum yang yang menyerang hampir 30% orang dewasa. Beberapa kasus varises kebanyakan terjadi pada jenis kelamin wanita dibandingkan pria.

Baca Juga: 7 Tips Memilih Jasa Interior Kantor

Varises adalah memebengkak serta melebarnya pembuluh darah vena yang biasanya terjadi pada bagian kaki akibat dari penumpukan darah. Varises membuat pembuluh darah vena yang bentuknya berliku-liku membuat tampak dekat dan menonjol pada permukaan kulit.

Pembuluh darah vena tersebut membawa darah dengan oksigen dari sel dan jaringan kembali ke jantung, yang mana darah dapat kembali mendapatkan oksigen. Warna pembuluh darah vena ini akan terlihat biru gelap bahkan cenderung keunguan yang dikarenakan berisi darah yang mempunyai kadar oksigen rendah. Terkadang bentuknya juga menyerupai tali berpilin.

Varises dapat terjadi pada semua pembuluh darah vena di seluruh tubuh, namun kondisi ini cenderung terjadi pada bagian kaki dan terutama betis. Hal ini disebabkan karena tekanan yang besar saat kita berdiri ataupun saat berjalan.

APA TANDA-TANDA DAN GEJALA VARISES?

Gejala penyakit varises dapat berupa:

• Gejala pada penyakit varises yang timbul adalah ditandai dengan adanya pembengkakan atau vena yang terlihat pada bagian sepanjang paha, lutut bahkan mata kaki

• Bagian kaki juga terasa sangat tidak nyaman dan berat, khususnya setalah posisi berdiri atau duduk dalam waktu yang cukup lama

• Terjadi perubahan warna kulit pada kaki bagian bawah

• Kulit juga tampak kering dan gatal, selain itu kulit menjadi lebih tipis

• Sering mengalami kram otot kaki, ulkus dan infeksi jaringan lunak atau biasa diebut selulitis dapat pula terjadi di dekat mata kaki

BAGAIMANA CARA MENANGANI VARISES?

Untuk menghindari risiko penyebab varises yang bertambah parah makan daoat dilakukan penanganan varises saat tergolong masih ringan dan dapat dilakukan endiri di rumah. Tujuannya untuk merncegah varises bertambah parah, mengurangi gejala serta menghindari adanya komplikasi lainnya.

Beberapa penanganan yang dapat dilakukan di rumah adalah dengan memakai stoking antivarise atau biasa disebu dengan bebat kompresi. Menghindari berdiri terlalu lama dan mengistirahatkan kaki dalam posisi direbahkan dan diberi penyangga agar posisi kaki lebih tinggi dari badan. Dan juga untuk menjaga berat badan ideal dan rajin melakukan olahraga.

Banyak yang menyebutkan bahwa penyebab varises adalah karena menekuk kaki setelah berolahraga. Sebenarnya, hal tersebut tidak berhubungan secara langsung dengan risiko penyebab varises di kaki. Tujuan meluruskan tak menselonjorkan kaki setelah olahraga untuk menghindari nyeri atau kram setelah olahraga hal ini juga sebagai bagian adari fase pendinginan.

Jika dirasa varises yang dialami terasa semakin tidak nyaman meskipun sudah melakukan penangann di rumah, maka sebaiknya mengkonsultasikannya ke dokter. Kemungkinan dokter akan menyarankan beberapa pengobatan seperti operasi pengangkatan pembuluh darah vena yang mengalami varises atau penutupan penutupan pepmbuluh darah vena dengan bahan khusus.

Walaupun varises tidak begitu membahayakan bagi tubuh namun, tidak ada salahnya mengenali risiko penyebab varises sejak awal. Sebelum terlambat, memeriksakan diri setelah mengalami gejala-gejala dan penyebab varises pada tubuh juga sangat penting.