beasiswa s2 jerman

Berburu Beasiswa S-2 Jerman, Ini Daftar Lengkapnya

Sahabat, tentu banyak dari kita yang memiliki keinginan untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri, seperti Jerman. Apalagi untuk kalian yang terlanjur ketagihan dengan penelitian. Namun, biaya sering kali menjadi faktor yang menghalangi.

Untungnya, kini sudah banyak beasiswa yang bersedia menanggung penuh seluruh kebutuhan mahasiswa selama menjalani program studi ke luar negeri, termasuk Jerman. Bahkan, apabila seseorang sudah berkeluarga, anggota keluarganya tersebut juga memiliki jatah tersendiri.

Nah, berikut ini adalah dua beasiswa S-2 Jerman yang dapat kamu coba sebagai jalan perencanaan pembiayaan kuliah.

Berburu Beasiswa S-2 Jerman, Ini Daftar Lengkapnya

1. LPDP

Tentu saja Beasiswa S-2 Jerman yang pertama harus diusahakan adalah Beasiswa LPDP. LPDP sendiri merupakan kependekan dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan. Lembaga tersebut merupakan satuan kerja yang berada di bawah Kementerian keuangan yang mengelola dana pendidikan.

Beasiswa yang akan membiayai penuh, baik kebutuhan kampus atau pun kebutuhan hidup bagi para pelajar yang menempuh gelar master atau doktoral ini terbagi lagi berdasarkan karakteristik penerimanya, yaitu sebagai berikut.

1. Beasiswa Dokter Spesialis

2. Beasiswa Reguler

3. Beasiswa Disertasi

4. Program Co-Funding

5. Beasiswa Afirmasi

a. Beasiswa Santri

b. Beasiswa Penyandang Disabilitas

c. Beasiswa Teknologi, Prestasi Olimpiade, Bidang Sains, dan Keterampilan

d. Beasiswa Prestasi Olahraga, Seni, Kebudayaan, dan Keagamaan

e. Beasiswa Daerah Tertinggal

f. Beasiswa PNS/TNI/POLRI

g. Beasiswa Alumni Bidikmisi Berprestasi

h. Beasiswa Individu Berprestasi dari Keluarga Miskin/Prasejahtera

6. Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia (BUDI)

Ini merupakan program baru di mana mahasiswa dapat memilih untuk tidak sepenuhnya meminta dana dari beasiswa namun juga secara mandiri menanggung kebutuhan pribadi.

Bagi mahasiswa umum, Beasiswa Reguler dan Beasiswa Afirmasi adalah program Beasiswa LPDP yang dapat digunakan. Di dalam program beasiswa tersebut terdapat peluang bagi semua jurusan kuliah baik kampus dalam negeri atau pun luar negeri.

2. DAAD

Selain Beasiswa LPDP, ada juga beasiswa yang dapat kamu andalkan, yaitu Beasiswa EPOS. Beasiswa EPOS atau Development-Related Postgraduate Courses adalah program beasiswa yang diadakan oleh Deutscher Akademischer Austauschdienst (DAAD).

Sayangnya tidak semua jurusan dalam program master diberikan beasiswa oleh DAAD. Berikut ini adalah beberapa program kuliah yang dapat menggunakan beasiswa dari DAAD sebagai perencanaan pembiayaan pendiikannya.

1. Economic Sciences/Business

2. Administration/Political Economics

3. Development Cooperation

4. Engineering and Related Sciences

5. Mathematics

6. Regional and Urban Planning

7. Agricultural and Forest Sciences

8. Natural and Environmental Sciences

9. Medicine and Public Health

10. Social Sciences, Education and Law

11. Media Studies

Syarat untuk terpilih sebagai penerima beasiswa ini juga tidak mudah, bahkan terbilang lebih sulit ketimbang LPDP. Selain dalam urusan bahasa, Beasiswa S-2 Jerman DAAD juga mengharuskan penerimanya memiliki pengalaman kerja di pemerintahan seperti BUMN atau pun profesional di perusahaan swasta namun yang memiliki hubungan dengan teknologi, ekonomi, dan hal-hal sosial.

Ikuti kursus bahasa Jerman di Jakarta untuk memenuhi syarat mendapatkan beasiswa di Jerman.

Beasiswa S-2 Jerman ini juga tidak dapat memberikan bantuan kepada seseorang yang gelar S-1-nya telah berusia lebih dari 6 tahun. Maka, untuk kamu yang memiliki kepandaian lingual, keberuntungan dalam hal kerja, dan memiliki keinginan untuk melanjutkan pendidikan master ke Jerman, ini adalah jalan yang menarik!