cara mengatasi gusi bengkak

10 Cara Mengatasi Gusi Bengkak Dengan Bahan Dapur

Rekomendasi Nasi Box Jakarta – Gusi bengkak merupakan salah satu gangguan mulut yang bisa sangat menyakitkan penderitanya. Selain terasa sakit ketika bicara, gusi bengkak juga menyebabkan aroma nafas menjadi kurang segar.

Pada beberapa kasus, pembengkakan atau penggelembungan gusi dalam ukuran yang besar bisa menutupi gigi dan membuat pipi terlihat tembem.

Selain itu gusi bengkak juga bisa menimbulkan rasa sakit ketika mengunyah makanan, sehingga membuat nafsu makan jadi hilang. Bahkan rasa nyeri yang ditimbulkan bisa mengurangi fokus bekerja dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

10 Cara Mengatasi Gusi Bengkak Dengan Bahan Dapur

Gusi bengkak disebabkan karena adanya bakteri pada plak yang kemudian menginfeksi gigi sehingga menyebabkan gusi bengkak, kemerahan, terasa sakit, dan berdarah.

Infeksi tersebut akibat dari kurangnya menjaga kesehatan mulut. Selain menggunakan obat-obatan, perawatan secara alami juaga bisa anda lakukan agar gusi bengkak bisa lekas sembuh. Berikut ini beberapa cara mengatasi gusi bengkak dengan bahan-bahan alami yang mudah didapatkan di sekitar kita

1.Air garam

Garam biasanya digunakan untuk memasak berbagai macam makanan seperti nasi tumpeng Jakarta dan ternyata air sudah merupakan mengatasi alami yang sudah sejak zaman dahulu digunakan untuk mengatasi gusi bengkak.

Garam mengandung kadar natrium tinggi yang mampu mengusir bakteri penyebab plak dan karang gigi. Tidak hanya ampuh mengurangi pembengkakan pada gusi, larutan air garam juga mampu menghilangkan bau dan menjaga kesehatan mulut.

Cara mengatasi gusi bengkak dengan air garam sangat mudah, campurkan satu sendok makan garam dengan air hangat, aduk hingga rata.

Berkumurlah dengan air garam tersebut 2-3 kali dalam sehari dan anda akan merasakan gusi bengkak segera normal kembali. Harap diingat juga untuk tidak tidak terlalu sering berkumur dengan air garam karena dapat mengakibatkan kerusakan pada email gigi anda.

2.Jeruk nipis

Jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C tinggi sehingga mampu mengatasi gigi bengkak dengan efektif.

Selain itu, kandungan asam pada jeruk nipis memiliki sifat antibakteri dan mampu membuat kadar pH dalam mulut seimbang. Cara mengatasi gusi bengkak dengan jeruk nipis adalah potong dan peras 2 buah jeruk nipis matang, campurkan dengan segelas air hangat alu gunakan untuk berkumur.

3.Kunyit

Tidak hanya bermanfaat sebagai bumbu masakan saja, seperti yang dikutip Situs soulofren.com kunyit telah digunakan sebagai bahan herbal sejak ratusan tahun yang lalu. Salah satunya adalah untuk mengatasi gusi bengkak.

Kandungan senyawa curcumin yang terdapat pada kunyit mampu berperan sebagai antibiotik, antiseptik, dan antiinflamasi. Dengan kemampuan tersebut, kunyit berkhasiat untuk meredakan gusi bengkak akibat radang gusi, mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan dan juga meringankan sakit gigi.

Untuk mengatasi gusi bengkak dari kunyit, caranya adalah dengan mencampur 1/4 sendok teh bubuk kunyit dengan sedikit air hingga terbentuk pasta. Oleskan pasta pada gusi, biarkan selama 5 menit lalu bilas dengan air hangat. Lakukan cara ini dua kali sehari selama 1-2 minggu.

4.Madu

Madu merupakan bahan makanan yang kaya nutrisi dan punya banyak manfaat bagi kesehatan. Madu juga bersifat antibakteri dan antiinflamasi sehingga mampu mengatasi gusi bengkak.

Untuk mengatasi gusi bengkak, anda cukup mengoleskan madu ke bagian gusi yang sakit tiga kali sehari. Gunakan madu alami dan terjaga kualitasnya, bukan madu yang sudah dicampur dengan bahan-bahan lain.

5.Bawang merah

Walau beraroma tajam dan menyengat, tetapi bawang merah merupakan salah satu bahan yang berkhasiat mengatasi gusi bengkak. Pasalnya, bawang merah mengandung antiseptik alami yang mampu membunuh kuman penyebab gusi bengkak.

Cara pemakaiannya sangat mudah, anda tinggal menumbuk 1 siung bawang merah sampai halus dan oleskan pada gusi yang sakit. Untuk mengurangi aroma menyengat bawang merah, anda bisa mencampurkan bawang merah dengan garam secukupnya.

6.Merica dan garam

Merica merupakan bahan warisan leluhur yang sejak dahulu telah digunakan sebagai bahan alami berbagai penyakit, salah satunya mengatasi gusi bengkak. Hal ini dikarenakan merica memiliki kandungan zat yang mampu berperan sebagai antiinflamasi, antibakteri, dan anelgesik.

Cara mengatasi gusi bengkak dengan merica sangat mudah, tumbuk merica sampai halus, campur dengan garam, lalu tambahkan sedikit air hingga berbentuk pasta. Kemudian oleskan pada gusi yang bengkak.

7.Daun cengkeh

Cara mengatasi gusi bengkak berikutnya adalah dengan cengkeh. Cengkeh mengandung antioksidan serta antivirus yang dapat mencegah plak dan mengurangi radang.

Anda tinggal menumbuk beberapa daun cengkeh hingga halus, kemudian tempel pada gusi yang bengkak. Biarkan selama 1 menit, lalu bersihkan mulut dengan berkumur dengan air.

8.Lidah buaya

Selain baik untuk kecantikan dan perawatan rambut, lidah buaya atau aloe vera ternyata juga bisa mengatasi gusi bengkak. Gel lidah buaya ternyata juga memiliki kemampuan antibakteri dan antijamur yang ampuh mengatasi berbagai masalah pada gusi.

Bahkan tidak hanya hanya mengatasi gusi bengkak, lidah buaya juga meredakan pendarahan dan rasa nyeri pada gusi. Cara mengatasi adalah mengoleskan gel lidah buaya ke gusi, lalu pijat perlahan-lahan selama 2 menit dan bilas dengan air hangat.

9.Jahe

Tanaman jahe telah populer dikenal sebagai tanaman herbal, diantaranya manfaatnya adalah mengatasi gusi bengkak. Jahe mampu mengatasi gusi bengkak secara cepat karena memiliki efek anti radang dan antibakteri.

Caranya adalah parut 1 buah jahe yang telah dikupas kulitnya, lalu peras hingga keluar cairan, dan gunakan air perasan jahe untuk berkumur. Atau anda juga bisa membuat pasta yang terbuat dari jahe, caranya sama dengan pasta kunyit.

10.Kompres dengan es batu

Mengkompres dengan es batu merupakan cara cepat mengatasi gusi bengkak dan meredakan rasa sakit yang menyerang. Caranya adalah dengan menyiapkan es batu yang sudah dibalut dengan kain, lalu tempelkan pada pipi. Jangan menempelkan langsung pada gusi yang bengkak, karena justru menyebabkan gigi dan gusi semakin terasa sakit.

Nah sekarang anda sudah tidak bingung lagi kan untuk mengatasi gusi bengkak. Anda bisa memilih salah satu cara diatas disesuaikan dengan kemudahan untuk mendapatkan bahan-bahannya. Ternyata mudah sekali mengatasi gusi bengkak, selamat mencoba ya!